7 Makanan Khas Solo yang Bikin Ketagihan!

Warta Berita Baru

Populer dengan rekreasi riwayat dan budayanya, Solo rupanya mempunyai hidangan kulineran yang tidak kalah sedap dari kota lain di Indonesia! Bermacam tipe makanan ciri khas Solo bisa kamu coba, dimulai dari yang berkuah sampai makanan yang karakternya kering sekalinya. Bila kamu akan bertandang ke Solo, kamu wajib buat mencicip 7 makanan ciri khas Solo ini yang ditanggung buat kamu suka!

7 Makanan Khas Solo yang Bikin Ketagihan!

  1. Nasi Liwet

 

Nasi liwet kelihatannya sebagai makanan ciri khas solo yang terpopuler dan banyak dijumpai oleh warga Indonesia. Nasi liwet sebagai sajian tradisionil yang dibikin dari nasi yang renyah digabung dengan sayur jipang, telur, santan kental, daging ayam, dan kuah opor. Penyuguhannya juga unik, karena dihidangkan langsung di atas daun pisang.

 

  1. Tengkleng

 

Makanan ciri khas Solo yang setelah itu tengkleng. Tengkleng sebagai olahan yang dibuat dari tulang dengan sedikit daging yang melekat pada tulang itu. Beberapa tengkleng digabung dengan dalaman kambing, kuping, pipi, mata, dan sisi yang lain.

 

Dihidangkan di atas pincuk daun pisang, tengkleng umumnya disiram dengan kuah warna kuning kental yang sepintas serupa dengan gulai. Tidak lupa ditambakna cabe rawit merah di sekitarnya untuk membuat rasa sensasi yang pedas dan gurih.

 

  1. Tahu Kupat

 

Seperti namanya, tahu kupat dibuat dari kombinasi potongan ketupat, mie basah, tahu goreng, potongan bakwan goreng, toge, dan taburan kacang goreng diatasnya. Beberapa penjual tahu kupat juga ada yang menambah telur dadar dan krupuk sebagai pendampingnya. Tahu kupat benar-benar pas untuk dicicipi saat makan pagi karena bumbu kecap manisnya yang encer benar-benar fresh dan cocok untuk mengawali harimu!

 

  1. Selat Solo

 

Tahukah kamu jika Raja Salman dari Saudi Arabia pernah mencicip makanan yang ini saat bertandang ke Indonesia? Selat Solo sendiri dibuat dari potongan daging yang nyaris seperti steak. Selanjutnya digabung dengan potongan telur, buncis, kentang, dan wortel dan diatasnya disiram dengan kuah semur yang paling memikat.

 

  1. Soto Gading

 

Selanjutnya ada soto gading. Sajian ini rupanya jadi favorite untuk beberapa bekas presiden Indonesia, lho! Dimulai dari Soekarno, Soeharto, sampai B.J. Habibie suka nikmati variasi makanan yang ini.

 

Dibuat dari soto dengan kaldu kental yang dengan bahan dasar ayam, kamu dapat menambah beragam jenis pendamping. Dimulai dari tahu, tempe, sate uritan, empal, sate kerang, perkedel, brutu, sampai bermacam dalaman siap buat kamu cicipi bersama dengan soto gading.

 

  1. Sate Buntel

 

Sate bungkus dengan bahasa Jawa memiliki arti sate buntel. Sate bungkus ini dibikin dari kombinasi daging kambing yang telah dicincang dan dibaluti oleh lemak kambing yang selanjutnya dibakar.

 

  1. Timlo

 

Kuliner unik dan legendaris setelah itu timlo. Timlo sebagai sajian ciri khas Solo yang dibuat dari kombinasi daging ayam, sosis goreng, ati ampela, dan telur pindang. Yang membuat unik ialah sosis gorengnya, karena dibuat suwiran dada ayam yang dibalut dengan kulit lumpia goreng (nyaris seperti martabak.

Also Read

Tags

Ads - Before Footer