Tips Investasi, Beberapa Bisnis di Prediksi Berkembang Paska Pandemi

Azza Azzahra

tips investasi bisnis setelah pandemi

Tips Investasi – Mega trend ekonomi digital dan tehnologi akan semakin berkembang sebagai new economy paling tidak sampai tahun 2030. Terlihat dari outlook ekonomi global, perubahan pasar modal, dan peningkatan industri ekonomi digital dan e-commerce.

Berdasar data yang tercantum di Kementerian Keuangan, kemajuan ekonomi digital akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2030. E-commerce akan mempunyai peranan yang besar sekali, yakni sejumlah 34 %. Disamping itu, B2B akan tumbuh sejumlah 13 % dan health-tech sejumlah 8 %.

Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Managing Mitra Indies Capital Partners, Pandu Sjahrir mengemukakan, jika wabah ini menggerakkan penyesuaian trend konsumsi digital bisa lebih cepat 5 tahun dari yang diprediksi pada industri pembelajaran, logistik, e-commerce, health-tech, asuransi, dan transaksi bisnis investasi.

“Lengkapi beberapa aktor usaha retail tradisionil, kehadiran e-commerce sekarang mulai mengambil jatah yang lumayan besar, sampai 10 % dari keseluruhan pasar retail yang capai USD300 miliar,” ucapnya dalam launching DBS Indonesia, dicatat Kamis (2/9).

Beberapa perusahaan yang terkait ekonomi digital seperti e-commerce sedang menjalani proses penawaran umum pertama (IPO), hingga makin meningkatkan ketertarikan warga Indonesia untuk melakukan investasi di pasar modal. Ini sesuai dengan mengembangnya angka investor di pasar modal Indonesia.

Berdasar data Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Kustodian Sentra Efek Indonesia (KSEI), angka Year on Year (YoY) investor pasar modal nasional terdaftar bertambah sebesar 93 % jadi 5,82 juta sampai masa Juli 2021.

Head of Investment and Advisory Bank DBS Indonesia, Djoko Soelistyo menerangkan, salah satu tanda cepatnya perkembangan beberapa perusahaan dengan pengembangan tehnologi sebagai sisi dari new economy, ialah dari perform NYSE R&D Innovation Indeks semenjak tahun 2000 yang sudah berkembang sejumlah 449 %, jauh di atas perform Nasdaq Indeks.

Adapun 5 Bisnis yang diPrediksi moncer bisa lebih cepat efek dari wabah ialah:

  1. Pembelajaran

Pembelajaran berbasiskan digital makin banyak disukai warga khususnya sesudah wabah pandemi menyebar di penjuru dunia. Evaluasi bertemu muka tak lagi jadi unggulan. Ini dampak dari limitasi beragam aktivitas secara serempak.

Ahli yakini rutinitas memercayakan pembelajaran digital terus akan bersambung. Bahkan juga tidak ada yang dapat membendung. Perubahan pembelajaran berbasiskan digital akan maju terus sampai memberinya kenyamanan untuk pemakainya.

Karena itu, industri pembelajaran berbasiskan digital dipercaya mempunyai masa depan cerah. Pada pebisnis dianjurkan masih tetap lakukan pengembangan untuk jaga kualitas di pasaran.

  1. Logistik

Pengangkutan barang semakin mencapai kesuksesan di periode wabah. tidak lain karena warga lebih suka belanja online apa lagi ada pembatasan kegiatan berskala besar.

Usaha logistik, dipercaya tidak akan redup khususnya sesudah pandemi. Walau nanti belanja langsung dibolehkan, tetapi tetap ada kebimbangan untuk warga.

Kesempatan ini, menjadi udara segar untuk usaha logistik dan melebarkan sayap. Khususnya ke beberapa daerah yang sejauh ini tidak dapat dilayani secara maksimal.

  1. E-commerce

Penghasilan e-commerce terus melesat sepanjang pandemi. Tidak hanya 2x lipat tapi berkali kali lipat. Pemakaian e-commerce yang semakin tinggi sepanjang wabah kelihatannya tidak akan kering walau kelak virus asal Wuhan, China itu terselesaikan.

E-commerce mulai menggeser kehadiran pasar konservatif. Walau belum seutuhnya berubah tetapi e-commerce telah mempunyai tempat sendiri di hati warga. Ditambah lagi dengan bermacam promosi yang dijajakan.

Usaha e-commerce sudah tentu akan mendominasi pasar di masa datang. Pelaku e-commerce dianjurkan bisa bereksperimen dengan service yang lebih memahami keperluan warga.

  1. Health-tech

Diskusi kesehatan lewat cara online banyak disukai dalam beberapa waktu terakhir. Pemakai health-tech dapat mengobrol dengan dokter dilayanan chatting untuk bertanya tentang kondisi kesehatan.

Dokter juga sekarang sudah tidak harus buka layanan praktik. Cukup tergabung dengan health-tech karena itu dapat melayani warga. Pembayaran konsultasi juga bermacam Bergantung ketetapan dari health-tech.

  1. Investasi

Investasi sekarang dalam genggaman. Cuman lewat digital atau handphone warga bisa lakukan investasi. Tidak lagi harus bertandang ke satu-satu media investasi.

Pengguna investasi digital cukup cari sebanyak-banyaknya info di internet. Selanjutnya daftarkan diri di media investasi.

Also Read

Ads - Before Footer